Home » INFO PARABOLA

Share pengalaman pasang parabola depok

Kurang lebih 3 tahun yang lalu, keluarga saya memasang antena tv parabola yang tipe jaring. Atau yang bukan langganan.
Waktu itu saya sendiri belum mengenal adanya teori flat earth. Jadi ya saya masih berpikir bumi itu bulat dan berotasi dengan satelit yang mengelilinginya.
tepatnya waktu itu keluarga saya masih tinggal di kota depok
Setelah terpasang, lalu tukangnya menyetel arah parabola agar bisa langsung mengarah ke satelit.
Katanya memang arah harus pas ke satelit, agar sinyal tv kuat.
Sayapun merenung sejenak. Kalau memang itu ke satelit, berarti setiap saat arah parabola harus berubah dong, sesuai pergerakan satelit.
Iseng saya bertanya kepada tukangnya sesuai renungan saya diatas. Jawabannya memang jangka waktu tertentu arahnya harus diubah sesuai pergerakan satelit.
Saya pun mengiyakan saja karena nggak begitu paham soal parabola. Karena waktu itu pemikiran masih tertuju pada teori globe earth.
Setahun berlalu tapi arah parabolanya masih pada posisi semula. Dan sinyal tv pun masih sama. Nggak ada tanda adanya penurunan kualitas sinyal. Saya coba tanya sama kakak saya yang kerja di toko elektronik. Katanya malah jangka waktu 3 sampai 4 bulan harus di setting ulang arah parabolanya.
Tambah bingung deh saya.
Lama – kelamaan rasa penasaran itu mulai hilang.
Hingga kurang lebih setahun berlalu, saya dengar kabar ada berita konspirasi bentuk bumi datar.
Rasa penasaran tentang berita ini, membawa saya pada koleksi video bossdarling. Coba saya tonton videonya dan… Pusing. (Waktu itu episode masih sampai 6 kalo nggak salah).
Saya coba pahami pelan – pelan dan akhirnya memang masuk akal apa yang dikatakan BD.
Selang beberapa waktu saya jadi teringat tentang parabola saya.
Coba saya logika pakai ilmu flat earth, dan hasilnya memang logis. Tak ada satelit. Yang ada hanya atmosfer.
Sampai saat saya buat thread ini, parabola saya masih pada arah yang dulu waktu awal pemasangan.
Dan kualitas sinyal masih sama.
Sekian pengalaman saya
Terima kasih

Cara memamsang acuator / pengerak parabola

cara Memasang hidrolik pada mounting parabola memang bukan lagi hal yang asing lagi bagi teknisi yang menggunakan antena parabola di wilayah sendiri untuk menonton siaran Televisi.
Hidrolik ini berfungsi untuk menggerakkan antena parabola ke arah satelit ke satelit lainnya untuk mendapatkan siaran televisi yang terdapat di suatu satelit yang dimaksud. Namun dalam pemasangan hidrolik ini, masih banyak rekan pemula yang masih belum tahu bagaimana caranya memasang Hidrolik/acuator ini.
Hal ini memang gampang-gampang susah. Bukan juga suka-suka kita..hehe..
Penggerak motor hidrolik ini dibantu oleh sensor digital yang mampu menyimpan hingga puluhan kapasitas rekaman memori, sering disebut posisioner atau penentu posisi.
Di Pulau jawa, khususnya di Kota jakarta, sudah banyak terdapat pengguna motor penggerak alias hidrolik ini untuk mendapatkan berbagai macam saluran siaran Televisi Free To Air (FTA) maupun yang berbayar. Walau sesungguhnya tidak semua siaran televisi tersebut bisa kita pahami bahasanya, yah…setidaknya…ngelihat action mereka yang mengesankan mungkin sudah cukup menghibur suasana sepi….
Sebagai langkah yang pertama yang dibutuhkan sebelum memasang tongkat/motor penggerak ini di mounting parabola, sebaiknya distel lebih awal posisi elevasi, deklinasi dan azimuth parabolanya, dari jangkauan barat hingga ke timur atau sebaliknya, hingga dengan satu garis lintangan gerak parabola tepat pada setiap satelit yang dilacak. Bila sudah mantap, saatnya memasang hidrolik, dimana lebih awal kabel perlu dipasangkan dari posisioner ke motor penggerak atau Hidrolik. Lihat cara pemasangan kabel tersebut, dimuat dalam gambar:
gambar disamping menunjukan rangkaian pemasangan kabel hidrolik. Hal ini mungkin setidaknya dapat membantu Anda dalam melaksanakannya.
setelah hal ini dilakukan….langkah selanjutnya adalah mencoba mengetes pergerakan Hidrolik untuk setiap satelit yang berada di Lintasan gerak antena parabolanya. Apabila Sudah mantap, berarti pekerjaan Anda Sudah berhasil dan siap digunakan.
Akan tetapi, ada satu hal yang sering kelupaan ketikan sudah selesai melakukan kegitan sebelumnya diatas, yaitu, adanya  kelalaian dalam hal membatasi pergerakan Hidrolik. Hal ini dapat membuat antenna parabola Anda menjadi tumbang dan tak bisa kembali ke posisi asal, dan bahkan ketika parabola sudah tumbang, hidrolik ini tidak lagi mampu mengangkat atau menariknya sehingga pesan masuk ke monitor posisioner anda adalah “ERROR”.
nah, untuk itu, Niassat ingin berbagi sedikit pengalaman yang sebenarnya sudah lama dikenal oleh para senior terdahulu, yaitu dengan cara melakukan pembatasan pergerakan hidrolik yang dapat dilakukan secara manual dan mudah. lihat gambar berikut:
Silakan lakukan sesuai petunjuk pada Gambar di atas. Semoga Bermanfaat…!
Beginilah hasil akhir dari pemasangan Hidrolik dimaksud. Sorry, hidroliknya bukan yang baru…..tapi sudah berumur dewasa.
kalau emamang ada kendala dalam pemasangan acuator/pengerak ke parabola sebaiknya hubungi saja ahlinya dari pada acuatornya malah kenapa kenapa kan jadi double biayanya.
Produk Terbaru
PASANG PARABOLA KVISION DEPOK
Pasang parabola mola tv/liga ingris Depok
Pasang Parabola Depok
PASANG PARABOLA DISTRIBUSI DEPOK
PASANG PARABOLA PIALA DUNIA 2018
PASANG PARABOLA MEKARSARI
PASANG PARABOLA CIBUBUR
PASANG PARABOLA CIBINONG
Pembayaran